Info Sekolah
Rabu, 24 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website Terintegrasi SMA Negeri 1 Singosari - Informasi PPDB SMA Negeri 1 Singosari bisa diakses di https://ppdb.sman1singosari.sch.id atau melalui Website ini pada Menu PPDB 2023

1000 Kalimat Motivasi Hingga Spot Foto Baru di Sekolah

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

P5 adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Yaitu projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan Pendidikan yang merupakan satu kesatuan dengan kurikulum merdeka.

Kegiatan P5 SMAN 1 Singosari di semester genap ini, temanya ialah “Bangunlah jiwa dan raganya”. Dengan sub tema “SMANESI sehat dan bahagia”. Projek bulan lalu yang sudah terlaksana yaitu event organizer dan senam kreasi P5. Siswa diminta untuk merencanakan sebuah acara sekaligus menjadi pembicara dan MC dalam sebuah acara. Pembicara dan MC terbaik tampil dalam kegiatan peringatan Isro’ Mi’roj di sekolah.

Untuk kegiatan bulan ini, tepatnya tanggal 9-10 Maret 2023 terdapat projek baru yang tak kalah serunya, yaitu ‘1000 kalimat afirmasi’.

1000 kalimat afirmasi adalah projek dimana siswa membuat kata-kata yang memotivasi diri mereka mengenai kehidupan yang dihias cantik di sebuah kertas warna warni dan dikreasikan sesuai imajinasi. Kertas yang dipakai adalah kertas lipat maupun kertas asturo yang dipotong kecil, dilaminating lalu di tali dengan senar layangan. Setiap anak diwajibkan membuat 3 kata afirmasi yang berbeda. Kemudian, akan digantungkan di salah satu lorong sekolah.

Untuk menggantungkannya tentu tidak dengan cara biasa. Hal ini diperlombakan, dengan ketentuan setiap kelas hanya memiliki waktu 10 menit untuk menggantungkan semua kata afirmasi yang sudah dibuat siswa siswi per kelas. Mereka hanya disediakan 1 tangga untuk membantu pemasangan. Namun, mereka punya pengecualian untuk memilih 1 bonus item, dimana mereka bisa memilih 1 barang secara bebas yang ada di kelas mereka yang sekiranya dapat membantu untuk menggantung afirmasinya.

Strategi setiap kelas unik sekali, ada yang memilih bonus item meja atau kursi, ada yang menggabungkan kata afirmasinya. Bahkan, ada yang sampai gendong menggendong agar pemasangan lebih cepat.

Tentunya 10 menit ini hanyalah formalitas. Mereka diharapkan dapat memasang semua kata afirmasi sebelum 10 menit habis, yang termasuk segi kecepatan. Perlombaan ini dinilai juga dari segi kerapian saat memasang dan segi kejujuran dalam pelaksanaan. Dari sekian strategi yang ada, banyak kelas yang selesai bahkan sebelum 10 menit habis. Untuk rekor tercepatnya saat ini yaitu X IPA F dengan waktu 4.01 menit. Namun, bukan itu yang terpenting, “Tetapi tujuannya adalah prosesnya bukan hanya hasil akhirnya. Gotong royong, kepemimpinan untuk mengatur strategi, kekompakan, rasa percaya diri Dll”, ujar Bu Elfy selaku Koordinator P5 dan MC perlombaan 1000 kata afirmasi pada Jumat, 10 Maret lalu.

Yang diharapkan dari projek ini, digantungkan nya 1000 kata afirmasi di lorong adalah siswa dapat mengekspresikan dirinya sendiri melalui motivasi yang ia buat. Selain itu para siswa yang lewat di lorong dapat membaca berbagai kalimat afirmasi yang dapat memotivasi dirinya dan juga mempercantik lorong sekolah dengan bergantungan warna warni yang terlihat dari jauh. Karena hal tersebut, lorong itu juga bisa dijadikan spot foto karena keunikannya. Diadakan nya perlombaan tadi ialah untuk mengasah strategi para siswa dan sebagai bumbu keseruan agar P5 kali ini membekas di memori mereka. Dapat dilihat siswa siswi sangat bersenang-senang bisa berkreasi dan menikmati proses serta hasil yang mereka dapatkan dalam kegiatan P5 kali ini. (Rasyanda, X IPA F)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

SMANESI 20 Tahun

Kamis, 11 Mei 2023

Siswa Smanesi Diterima SNBP 2023

Selasa, 28 Mar 2023