SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 1 tahun yang lalu / SMANESI MAN JADDA WAJADA – SMART – UNGGUL – BERPRESTASI – LUAR BIASA – I CAN DO
"SMANESI Peduli" Ikut Ringankan Tangan Untuk Saudara Kita Penyintas Bencana Gempa Bumi Kabupaten Malang

Pada Sabtu siang tepatnya pada tanggal 10 April 2021, gempa berkekuatan 6,1 M mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur yang mengakibatkan kerusakan puluhan rumah-rumah warga dan beberapa fasilitas umum. Data yang didapatkan dari Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang menyebutkan bahwasannya masih banyak warga yang  masih membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, khususnya pembangunan atau perenovasian rumah yang terdampak goncangan dari gempa bumi 6,1 Magnitudo April lalu.

Maka, pada 17 juni 2021 SMA Negeri 1 Singosari bekerjasama dengan Lembaga kemanusiaan ACT Malang untuk mengadakan kegiatan SMANESI PEDULI Bencana Gempa Bumi Kab. Malang yang bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban. Kami berharap kegiatan ini bisa membantu mereka yang membutuhkan bantuan dan bisa melatih rasa kemanusiaan dan bela rasa para siswa-siswi SMAN 1 Singosari.

Kegiatan ini berlangsung sangat lancar, dimulai dengan adanya pemberitahuan melalui grup wali kelas dan grup siswa pada tanggal 15 Juni 2021 melalui aplikasi grub WhatsApp yang menyebutkan akan diadakan acara SMANESI PEDULI Bencana Gempa Bumi Kab. Malang pada 17 Juni 2021. Para wali murid dan para siswa memberikan respon yang positif tentang adanya kegiatan ini. Guru-guru dan para warga SMANESI juga ikut berperan aktif untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Dikarenakan adanya bencana wabah Covid-19 yang tengah marak pada tahun ini, maka kegiatan ini dilaksanakan melalui 2 tahap, yaitu melalui sistem online dan sistem offline. Sistem online dilaksanakan dengan cara mentransfer uang melalui rekening bank yang sudah terdapat pada pamflet yang telah kami buat dan tersebar di seluruh grub Whatsapp warga SMANESI. Sedangkan sistem ofline, dilaksanakan dengan cara langsung menyumbangkan donasi yang ingin disumbang di pos-pos yang sudah disediakan.

Kegiatan SMANESI PEDULI Bencana Gempa Bumi Kab. Malang berlangung pada 17 Juni 2021 yang bersamaan dengan adanya pengambilan rapot kenaikan kelas. Pada pagi hari para panitia yang bertugas sudah berkumpul dan menyebar untuk menjaga pos pendonasian di tiap kelas sesuai tugas jaga masing-masing. Lalu, para wali murid selagi berdatangan menuju kelas para putra putri mereka, mereka bisa sekaligus menyumbangkan donasi terbaik mereka di pos pendonasian. Pos pendonasian ini terletak di setiap depan kelas SMA Negeri 1 Singosari.

Kegiatan SMANESI PEDULI Bencana Gempa Bumi Kab. Malang juga mengadakan konser musik mini yang berada di lobby sekolah untuk memeriahkan kegiatan tersebut , tentunya acara ini dilakukan dengan adanya prokoler kesehatan. Banyak hal yang ditampilkan untuk memeriahkan acara ini, seperti pertunjukan Group Banjari, tari, band, nyanyi solo dan duet, beserta sumbangan penampilan dari para guru-guru SMA Negeri 1 Singosari.

Donasi terkumpul sebesar Rp 12.641.000.00 dan beberapa bantuan sembako. Lalu, pada Sabtu, 26 Juni 2021  beberapa perwakilan siswa, guru pendamping (pembina), serta tim Lembaga kemanusiaan ACT Malang berhasil menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang berada di kecamatan Ampelgading, kabupaten Malang, Jawa Timur yang termasuk wilayah paling terdapak gempa bumi 6,1 M saat itu. Perasaan haru dan senang dirasakan warga setempat yang menerima bantuan.

Dalam kegiatan ini seluruh warga SMANESI ikut menyukseskan acara dan memberikan respon positif. Kami berharap kegiatan ini terus dijalankan sebagai implementasi Pancasila untuk terus saling tolong-menolong terhadap sesama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Kategori Berita