SEKILAS INFO
: - Senin, 14-06-2021
  • 11 bulan yang lalu / SMANESI MAN JADDA WAJADA – SMART – UNGGUL – BERPRESTASI – LUAR BIASA – I CAN DO
SMANESI HADIRKAN RUANG TRRC, TINGKATKAN KOMPETENSI MGMPS

“Hadirnya ruang TRRC di SMA Negeri 1 Singosari mampu meningkatkan kinerja MGMPS. Peningkatan kinerja MGMPS ini berdampak positip terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di era pandemic covid19”

Musyawarah Guru Mata Pelajaran sekolah(MGMPS) adalah satu model yang digunakan untuk peningkatan kompetensi pembelajaran para guru di SMA Negeri 1 Singosari.  Melalui MGMPS ini diharapkan  guru bisa saling berbagi pengalaman terbaik mereka selama mengajar serta bisa saling memberi solusi atas berbagai persoalan baik masalah pembelajaran di kelas, pendalaman materi, maupun pengembangan dan penelitian.

Menurut kepala SMA Negeri 1 Singosari, Dr Abdul Tedy, M.Pd, kegiatan MGMPS menjadi salah satu tolak ukur penentu efektifitas pembelajaran di kelas. MGMPS yang efektif mampu mengurangi adanya jam kosong dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, karena jika ada guru yang berhalangan hadir, maka anggota MGMPS akan selalu ada untuk mengisi guru yang berhalangan hadir tersebut. Dengan demikian, tidak dikenal lagi istilah “jamkos” (jam kosong) dengan efektifnya kinerja MGMPS.

“ efektifnya MGMPS saat ini, sangat berdampak positip terhadap pembelajaran di kelas, dengan aktifnya MGMPS tidak dikenal lagi istilah “jamkos”, dan kita berkomitmen tidak ada jam kosong di SMA Negeri 1 Singosari” ungkapnya.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS) yang di terapkan di SMA Negeri 1 Singosari merupakan wadah berkumpulnya para guru mata pelajaran sejenis secara kolaboratif dalam rangka mengidentifikasi dan memecahkan masalah, menguji coba dan mengembangkan ide-ide baru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran. Selain itu berbagai pengetahuan, pengalaman, dan pelatihan akan diperoleh untuk meningkatkan motivasi kinerja guru.

Untuk mewujudkan itu, disediakan ruang TRRC (training, Research, rsolving center), dan setiap MGMPS difasilitasi satu unit computer guna mendukung agenda tersebut. Adanya ruang TRRC diharapkan kinerja MGMPS semakin produktif dalam rangka memberikan kontribusi yang positip bagi proses pembelajaran yang kreatif, variatif, inovatif dan evaluatif.

Kehadiran TRRC disambut baik seluruh guru SMA Negeri 1 Singosari karena adanya TRRC bisa  meningkatkan kompetensi guru khususnya pengembangan mengajar di era pandemi Covid 19 saat ini. Guru bisa memanfaatkan ruang TRRC untuk melakukan aktivitas mengajar secara daring tentunya dengan fasilitas computer dan layanan internet yang sangat memadai.

“saya sangat senang dan terbantu sekali dengan adanya ruang TRRC ini, apalagi di era pandemic saat ini, kehadiran ruang TRRC sangat membantu tugas guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring” ungkap salah seorang guru. (Jo Redaksi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Kategori Berita