Info Sekolah
Selasa, 19 Okt 2021
  • Selamat Datang di Website Terintegrasi SMA Negeri 1 Singosari - Website Resmi SMA Negeri 1 Singosari

KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH(MPLS) SMAN 1 SINGOSARI 2021

Diterbitkan : - Kategori : Berita Terkini

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang lebih dikenal dengan sebutan MPLS adalah kegiatan yang diadakan sebagai sarana dan media mengenalkan sekolah kepada siswa baru setiap tahunnya. MPLS SMAN 1 Singosari tahun 2021 dilaksanakan secara daring karena bertepatan dengan PPKM sebagai sarana pemerintah untuk mengurangi risiko pandemi corona.

Kegiatan MPLS SMANESI dilaksanakan dua tahap, yakni pra-MPLS (9 Juli 2021) dan MPLS (12-15 Juli 2021). Sebelum kegiatan Pra-MPLS dilaksanakan, siswa baru mengambil buku panduan dan id card secara drive thru. Buku panduan yang didapatkan siswa berisi visi-misi sekolah, mars SMANESI, Daftar Guru dan Karyawan, Tata Tertib MPLS, dan petunjuk pelaksanaan MPLS.

Kegiatan Pra-MPLS dilaksanakan   pada tanggal 9 Juli 2021 secara daring melalui media meet, wa, dan google classroom. Kegiatan ini berisikan pemberitahuan tentang petunjuk pelaksanaan dan tata tertib pelaksanaan MPLS yang dipandu oleh pembina OSIS. Saat Pra-MPLS siswa juga diminta untuk membuat foto twibbon sebagai tanda siap untuk mengikuti kegiatan MPLS. 

Kegiatan MPLS SMAN 1 Singosari dimulai dengan acara apel pembukaan pada hari Senin, 12 Juli 2021 oleh Kepala SMAN 1 Singosari, Bapak Dr. Abdul Tedy, M.Pd. yang diikuti oleh perwakilan peserta MPLS dan diikuti secara live oleh seluruh peserta MPLS dan orang tua di rumah masing-masing.

Materi yang disampaikan pada acara ini sangat beragam, yakni (1) Wawasan Wiyata Mandala, (2) Kesiswaan, (3) Cinta Tanah air, (4) Kurikulum 2013 dan SKS, (5) Tata Krama, (6) Tata Tertib Sekolah, (7) Demo Ekstrakulikuler, (8) Menjaga Kesehatan Saat Pandemi, dan (9) Motivasi Belajar. Masing-masing materi disampaikan oleh pemateri di bidangnya masing-masing.

Dalam kegiatan ini juga diselipkan beberapa kegiatan yang seru, misalnya saja makan bersama menu sehat. Kegiatan ini juga sebagai wujud dukungan terhadap program NGTS (Nutrision Go to School) SMANESI. Di setiap akhir kegiatan per harinya siswa diminta untuk mengisi jurnal kegiatan mereka di rumah. Mulai dari sholat subuh (bagi muslim), doa dan ibadah bagi non muslim, membantu orang tua, mengerjakan tugas, mengikuti materi, bahkan mereka juga diminta untuk mengumpulkan rangkuman di setiap materinya.

Sebagai akhir kegiatan, siswa diminta untuk melaksanakan bakti sosial secara mandiri di rumah. Kegiatan dapat dilakukan dengan memberikan santunan, makanan, atau tenaga mereka. Setiap kegiatan, peserta diminta untuk mendokumentasikan kegiatan mereka dan mengirimkan ke akun Google Classroom yang mereka meliki untuk diperiksa oleh panitia. Kegiatan bakti sosial juga dilaksanakan oleh panitia dari OSIS dan organisasi siswa lain di sekolah.

Di akhir kegiatan, panitia juga memberikan penghargaan kepada  peserta dengan beberapa kategori. Kategori siswa aktif, siswa kreatif, siswa disiplin, siswa terunik, dan masih banyak yang lainnya. MPLS SMANESI ditutup dengan kegiatan apel penutupan dan pencopotan id card oleh waka Humas SMAN 1 Singosari, Bapak Drs. Sarju, M.Pd.I. Semoga kegiatan MPLS SMANESI dapat bermanfaat untuk siswa baru untuk beradaptasi dengan sekolah. Aamiin..

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar