Info Sekolah
Rabu, 08 Des 2021
  • Selamat Datang di Website Terintegrasi SMA Negeri 1 Singosari - Website Resmi SMA Negeri 1 Singosari

Bagaimana Pendidikan di Tahun 2050 Mendatang

Diterbitkan :

Oleh :

Ahmad Muzammil Kholily

Guru SMA Negeri 1 Singosari

 

Pendidikan memang sangatlah penting untuk kehidupan di masa yang akan datang. Selain kebutuhan sandang, papan, dan pangan, setiap orang harusnya memiliki pendidikan yang terjamin. Hal ini karena dengan adanya pendidikan tersebut setiap orang pasti memiliki pola pikir dan ilmu pengetahuan cukup untuk mempengaruhi indeks kemajuan suatu negara.

Tapi nyatanya pendidikan yang ada di Indonesia masih tergolong jauh rendah, bila dibandingkan dengan negara maju lainnya. Kualitas dalam pendidikan di Indonesia seharusnya lebih ditingkatkan lagi supaya Indonesia bisa sejajar dengan negara-negara maju. Sehingga Indonesia dapat mencetak bibit unggul.
Seharusnya setiap lembaga pendidikan tidak hanya menciptakan dan mencetak siswa saja, melainkan ikut dalam mengembangkan peserta didik yang berkualitas tinggi. Dengan begitu sumber daya manusia Indonesia bisa bersaing dengan negara maju lainnya. Hal ini dijadikan antisipasi karena perubahan dan tantangan semakin sulit.

Solusi yang dapat dipilih untuk memecahkan permasalahan ini adalah dengan melakukan kajian dan upaya yang benar-benar serius untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu lembaga pendidikan harus mendukung setiap peserta didiknya, agar mampu bersaing dengan negara maju. Dengan begitu, akan berhasil mencetak bibit unggul di lingkungan sekolah.

Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, seharusnya bisa menjadi sarana belajar mengajar secara berkualitas. Hal ini karena materi untuk belajar lebih mudah dicari dan dipelajari.  Adanya internet yang menjadikan peran guru sedikit bergeser menjadi fasilitator, motivator, dan dinamisator.

Peran guru dalam aspek pendidikan di Indonesia, perlu adanya peningkatan. Hal ini bertujuan agar kualitas pendidikan di Indonesia juga ikut meningkat. Tetapi peran seorang guru tidak dapat tergantikan dan tetap menjadi peran yang sangat penting dalam membimbing dan mendidik siswa.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar