Info Sekolah
Rabu, 27 Okt 2021
  • Selamat Datang di Website Terintegrasi SMA Negeri 1 Singosari - Website Resmi SMA Negeri 1 Singosari

Mengenal Lebih dekat State Library of Victoria


Oleh: Istinah Sofariyah, S.Pd
Warta dari Negeri Kanguru

Menginjak hari ketiga pelatihan guru Indonesia di negeri Kangguru, semua peserta mendapat kesempatan untuk mengunjungi State Library of Victoria dan Shrine of Remembrance di negara bagian Victoria. Sejumlah 30 guru dan 2 pendamping dari Widyaiswara P4TK PKn dan IPS berangkat bersama dari Monash University dengan menggunakan bis kota dan kereta api. Sepanjang perjalanan tampak lalu lintas jalan raya begitu tertib dan tidak terlihat kendaraan roda dua di jalan raya. Masyarakat di Melbourne lebih memilih kendaraan umum dari pada menggunakan motor yang dianggap pajaknya terlalu mahal. Mereka lebih suka berjalan kaki dari halte ke halte berikutnya, dari stasiun kereta api ke stasiun berikutnya.

Sesampai di State Library of Victoria semua rombongan menuju lantai dasar disini rombongan diterima dengan baik. Perpustakaan Negara Bagian Victoria atau State Library of Victoria dalam bahasa Inggris adalah perpustakaan pusat di negara bagian Victoria, Australia dan terdapat di Melbourne, ibukota Victoria. Tepatnya adalah di Swanston St.. Rencana pembangunan perpustakaan ini berawal dari tahun 1853 dengan arsitek Joseph Reed. 

Pada 1853, keputusan untuk membangun perpustakaan, museum, dan galeri gabungan dibuat atas dorongan Letnan-Gubernur Charles La Trobe dan Tuan Justice Redmond Barry, Q.C. (Sir Redmond dari 1860). Sebuah kompetisi diadakan, dimenangkan oleh arsitek yang baru tiba, Joseph Reed, yang perusahaan dan penerusnya merancang sebagian besar ekstensi selanjutnya, serta berbagai landmark abad ke-19 seperti Melbourne Town Hall, dan Royal Exhibition Building. Pada tanggal 3 Juli 1854, Gubernur Sir Charles Hotham yang baru dilantik meletakkan batu fondasi dari kompleks perpustakaan baru dan Universitas Melbourne. Perpustakaan adalah tahap pertama dibuka pada tahun 1856, dengan koleksi 3.800 buku yang dipilih oleh Tuan Justice Barry, Presiden Wali Amanat. Augustus H. Tulk, pustakawan pertama, ditunjuk tiga bulan setelah pembukaan. Perpustakaan Umum Melbourne yang saat itu dikenal adalah salah satu perpustakaan umum gratis pertama di dunia, terbuka untuk siapa saja yang berusia di atas 14 tahun.

Pembagian ruangan dalam perpustakaan di state library of Victoria dibagi menjadi beberapa ruangan yang begitu luas dan megah. Pembagian ruangan tersebut terdiri dari:

  1. Ruang Baca La Trobe

Ruang Baca Utama Domed dibuka pada tahun 1913, dan dirancang oleh Norman G. Peebles of Bates Smart. Ruang segi delapannya dirancang untuk menampung lebih dari satu juta buku dan hingga 600 pembaca. Ini adalah 34,75 m di kedua diameter dan tinggi, dan oculus yang hampir 5 m. Kubah ini adalah yang terbesar di dunia pada saat penyelesaian. Pada tahun 2003, secara resmi berganti nama menjadi Ruang Baca LaTrobe, dan sekarang menampung koleksi Perpustakaan Australia.

2. Ruang Baca Catur

Perpustakaan memiliki ruang catur yang menampung berbagai bahan yang didedikasikan untuk sejarah, studi, dan praktik catur. Ini berisi koleksi barang-barang dari Anderson Chess Collection, salah satu dari tiga koleksi catur publik terbesar di dunia. Selain rak buku yang berisi berbagai buku dan terbitan berkala yang berkaitan dengan catur, ruangan ini memiliki meja permainan dengan papan catur dan potongan-potongan, dan beberapa lemari kaca yang berisi perlengkapan catur bersejarah. Ruangan itu adalah ruang serba guna yang juga dimaksudkan untuk membaca dan belajar. Ruang Catur ditutup untuk sementara waktu pada bulan Februari 2017. Set permainan Catur dan koleksi catur tersedia di Ruang Baca La Trobe sampai koleksi dipindahkan ke rumah permanennya di Aula Ian Potter Queen’s Hall pada tahun 2019.

3. Ruang Baca Redmond Barry

Tempat ini terletak di ujung timur Perpustakaan. Menampung koleksi buku, majalah, dan majalah kontemporer. Pusat ruangan memiliki komputer yang memungkinkan internet dan meja bersama. Mezzanine memiliki buku-buku berukuran folio dan meja belajar yang lebih mandiri. Langit-langit memiliki panel kaca. Ruang baca dengan mudah adalah ruang tersibuk selama periode pra-ujian di Victoria.

4. Ruang Baca Heritage Collections

Masuk ke kamar adalah dengan janji temu. Ruangan itu sendiri tidak memiliki koleksi apa pun, melainkan merupakan tempat untuk melihat bahan koleksi warisan. Ada 14 lampu gantung bersejarah yang menggantung di langit-langit dan dinding dan plafon keramik yang mendetail. Tas peta adalah satu-satunya koleksi bahan yang disimpan di HCRR dan terdiri dari salinan peta kota metropolitan Melbourne antara tahun 1800 hingga 1900-an dan tidak perlu membuat perjanjian untuk melihatnya.

5. Ruang Baca Koleksi Seni

Perpustakaan memiliki koleksi buku, terbitan berkala, kelas dunia, rekaman, dan bahan-bahan lain yang berkaitan dengan seni, musik, dan seni pertunjukan. Kamar ini dibangun di halaman sehingga membentuk sudut ruangan. Ruang utama termasuk stasiun kerja komputer yang menyediakan akses ke katalog Perpustakaan, basis data dan web, meja baca, printer laser, mesin fotokopi, dan pembaca microfiche. Ini juga memiliki ruang audio visual dan posting mendengarkan.

6. Ruang Baca Genealogi

Terletak di salah satu halaman, kamar memiliki koleksi luas mikrofilm dan mikrofiche, referensi tercetak, database, dan biografi. Ada banyak fasilitas yang tersedia seperti komputer dan printer laser. Kemegahan dan kelengkapan fasilitas yang terdapat di dalam perpustakaan membuat para pembaca merasa betah dan nyaman untuk membaca buku sampai berjam-jam.