SEKILAS INFO
: - Senin, 10-08-2020
  • 3 minggu yang lalu / Mohon Maaf Website ini sedang dalam perbaikan untuk menjadi lebih interaktif dan menarik..
  • 3 minggu yang lalu / Smanesi : Smart Unggul Berpretasi Luar Biasa – ManJadda Wa Jada – I Can Do
Training of Trainer, Best Practice Guru SMANESI di era Pandemi COVID-19
Sambutan kepala Cabang Dinas Pendidikan Kab. Malang Sebelum Pembukaan TOT
Best Practice Guru di SMA Negeri 1 Singosari

Pandemi Covid 19 bukan merupakan hambatan bagi guru-guru SMAN 1 Singosari untuk terus meningkatkan kompetensinya. Sebagai salah satu sekolah yang mempunyai 1203 siswa merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Malang yang terkenal dengan pendidikan karakternya. Pendidikan karakter yang ditanamkan mulai dari karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan solidaritas sebagai wujud upaya PPK ( Penguatan Pendidikan Karakter) di ingkungan sekolah. Sebagai satu-satunya sekolah negeri di kabupaten Malang yang memfasilitasi Ma’had bagi peserta didiknya sebagai upaya untuk mencetak generasi yang religius. Upaya peningkatan mutu sekolah tidak hanya ditujukan kepada peserta didiknya tapi juga kepada guru-gurunya agar lebih termotivasi untuk selalu meningkatkan kompetensinya baik kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian maupun sosial.

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai tenaga kependidikan dilakukan dengan mengadakan Webinar TOT Best Practice bagi guru dan karyawan SMAN Singosari. Acara ini dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Drs. Arif Khamzah, M.Si. Dalam sambutannya Kacabdin menyampaikan pesan bahwa masa pandemi covid 19 merupakan pengalaman pertama dalam dunia pendidikan yang menuntut guru untuk bisa berkreasi dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Media IT telah menyediakan berbagai macam pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Hal ini menuntut para guru agar mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan.

Acara Webinar TOT SMAN Singosari yang diikuti 73 guru dan karyawan diharapkan dapat menghasilkan karya tulis Best Practice yang dapat meningkatkan motivasi guru dalam menulis. Selain itu sebagai salah syarat dalam penilaian angka kredit yang diajukan guru untuk naik pangkat. Pelaksanaan Webinar TOT Best Practice SMAN 1 Singosari dilakukan dalam 4 kali tatap muka secara daring yang dimulai tanggal 13, 15, 16, 18 Mei 2020. TOT Best Practice ini dilakukan dengan metode pelatihan in-on-in. Sebagai nara sumber penulisan karya tulis Best Practice dalam hal ini Ibu Titi Setiyaningwati, S.Pd., M.Si. selaku Pengawas Pendidikan SMA Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Beliau termasuk pengawas berprestasi tingkat nasional dan sebagai salah satu evaluator organisasi penggerak tingkat nasional yang dicanangkan mendikbud yang baru Nadiem Makarim. Keantusiasan guru-guru dan karyawan SMAN Singosari tampak saat mengikuti kegiatan secara serius dan banyak sekali pertanyaan yang masuk hingga waktu berakhir. Bertindak sebagai Host dalam acara Webinar TOT Best Pcactice di SMAN Sigosari, Dr. Abdul Tedy, M.Pd. yang menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN Singosari. Motivasi dan dukungan selalu ditujukan baik kepada peserta didik maupun guru-guru untuk bisa berprestasi yang dikenal dengan Man Jadda Wa Jadda.

Pada kegiatan tatap muka pertama peserta dibekali bagaimana cara menentukan judul best practice, materi penulisan kerangka Bab I. Selanjutnya peserta dberi tugas secara online melalui google form untuk menulis judul dan kerangka Bab I yang hasilnya akan di bahas pada pertemuan berikutnya. Acara ini di tutup oleh Kepala Sekolah, Dr. Abdul Tedy, M.Pd. selaku Host pada pukul 12.30. Harapan Kepala Sekolah semua guru dan karyawan untuk tetap berkarya di masa pandemi covid 19 meskipun bekerja dari rumah (Istinah Sofariyah, S.Pd.Red)

2 komentar

Mutia, Jumat, 10 Jul 2020

Assalamualaikum,
Salam hangat untuk semua guru-guru tercinta di smanesi, semoga selalu dalam lindungan Allah swt. Aamiin

Saya bangga bisa jadi bagian dari smanesi pada zaman perintis dulu, smanesi masih jadi sekolah dengan nuansa alam yg luar biasa 😊. Btw admin, tolong forum alumninya diperbaharui dong, ex siswa terjauh ini min walaupun masih di indonesia. Hehehe

Semoga smanesi makin sukses dan menciptakan SDM unggul ya. Salam untuk guru-gurunya min, terutama untuk bu istinah, pak jumad, pak herwianto, pak ali (mungkin gak disana lagi), bu kom dll. Semoga selalu sehat ditengah pandemi ini.

Wassalam…

Balas

    admin, Sabtu, 25 Jul 2020

    trims buat masukannya mutia Lamora…semoga sukses selalu…

    Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Kategori Berita

Informasi online
1
Selamat Datang di Layanan Informasi Online Kami.
Powered by