SEKILAS INFO
: - Selasa, 20-04-2021
  • 9 bulan yang lalu / SMANESI MAN JADDA WAJADA – SMART – UNGGUL – BERPRESTASI – LUAR BIASA – I CAN DO

Oleh: Istinah Sofariyah, S.Pd

Berpikir tingkat tinggi, yang dikenal sebagai keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), adalah sebuah konsep reformasi pendidikan yang didasarkan pada pembelajaran taksonomi (seperti taksonomi Bloom). Idealnya adalah bahwa beberapa jenis pembelajaran membutuhkan lebih banyak pemrosesan kognitif daripada yang lain, tetapi juga memiliki manfaat yang lebih umum. Dalam taksonomi Bloom, misalnya, keterampilan yang melibatkan analisis, evaluasi dan sintesis (penciptaan pengetahuan baru) dianggap memiliki tingkat yang lebih tinggi, yang membutuhkan metode pembelajaran dan pengajaran yang berbeda dari pada pembelajaran fakta dan konsep. Anderson, L., and Krathwohl, D. (eds.) (2001) dalam bukunya yang berjudul Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy  yang dipublikasi oleh Publishing Co, New York, US merevisi level taxonomi ini menjadi remembering, understanding, applying, analysing, evaluating, creating. 
               Hasil revisi dari Anderson and Krathwohl ini sangat mudah diterima oleh banyak praktisi pendidikan sehingga keberadaannnya selalu menjadi rujukan dari perkembangan teori pembelajaran. Pemikiran tingkat tinggi selain melibatkan proses pembelajaran juga didukung oleh keterampilan penilaian yang kompleks seperti pemikiran kritis dan pemecahan masalah. Pemikiran tingkat tinggi tidak hanya untuk dipelajari atau diajarkan tetapi juga untuk memecahkan berbagai persolan kehidupan dengan ilmu pengetahuan yang dipelajari.   
               Untuk mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), Monash University melalui perpustakaan Sir Louis Mathesson adalah solusinya. Bagaimana perpustakaan Sir Louis Mathesson sebagai solusi mahasiswa untuk bisa berpikir kritis, kreatif dalam memahami dan menguasai ilmu yang dipelajari di Monash University. Kemudahan, sarana (fasilitas) apa saja yang diberikan oleh perpustakaan untuk membantu mahasiswa dalam berpikir tingkat tinggi. Berikut kita akan mengenal lebih dalam tentang Sir Louis Mathesson Library yang ada di Monash University.

Perpustakaan Sir Louis Matheson menyediakan sumber daya ilmiah, fasilitas belajar, dan program pengembangan keterampilan penelitian untuk memperkuat kegiatan pembelajaran, pengajaran dan penelitian staf dan mahasiswa di kampus Clayton Universitas. Perpustakaan memiliki kekuatan koleksi di:

  • seni
  • ilmu Sosial
  • bisnis dan ekonomi
  • pendidikan, termasuk Koleksi Bahan Pengajaran.

Perpustakaan juga berisi koleksi khusus berikut:

Selain itu, semua siswa dan staf  Monash memiliki akses ke sumber daya elektronik yang luas melalui Pencarian dan item fisik yang sudah disediakan melalui web perpustakaan.

Aksesibilitas perpustakaan

Program dan sesi drop-in

Penasihat Pustakawan dan Keterampilan Belajar tersedia untuk mendapatkan saran, masukan di akhir penelitian dan pembelajaran di Perpustakaan Matheson, dari minggu pertama hingga akhir periode ujian. Untuk waktu yang dijadwalkan, dan pengguna dapat mengunjungi halaman Program dan drop-in .

Program keterampilan penelitian dan pembelajaran dapat disajikan oleh staf Perpustakaan sebagai bagian dari program akademik untuk beberapa unit. Program umum juga ditawarkan di Perpustakaan Matheson, di luar waktu kelas satuan normal di Perpustakaan Matheson dan mendaftar secara online menggunakan sistem  pemesanan kelas Perpustakaan  melalui my.monash, memilih Matheson di daftar drop-down Kampus.

Koleksi Buku

Apa yang membuat koleksi buku-buku di perpustakaan Sir Louis Mathesson istimewa? Buku-buku langka, barang antik Asia, musik yang sulit ditemukan, peta, ditambah surat kabar, jurnal, dan gambar langka.

Koleksi Khusus

  1. Koleksi Buku Langka
   

Koleksi Buku Rare terdiri dari bahan-bahan yang dianggap langka karena usia, keunikan atau keindahan fisik. Koleksi ini didirikan pada tahun 1961 – tahun dibuka Universitas Monash – ketika Perpustakaan membeli koleksi karya-karya edisi awal oleh Jonathan Swift dan beberapa orang seangkatannya. Sekarang ada lebih dari 100.000 item dalam koleksi, termasuk sejumlah area koleksi khusus. Untuk mendapatkan koleksi buku khusus dapat diperoleh melalui panduan Perpustakaan Buku Rare

Kekuatan koleksi

Koleksi ini sangat kuat dalam sastra dan sejarah Inggris yang diproduksi antara 1660 dan 1800. Ada juga kekuatan koleksi dalam sastra Prancis dan Australia. Koleksi ini tumbuh melalui pemilihan bahan oleh pustakawan Rare Books serta sumbangan, sejalan dengan kebijakan pengembangan koleksi perpustakaan. Sumbangan yang lebih besar dapat dilakukan di bawah Program Hadiah Budaya Pemerintah Australia. Sumbangan finansial didorong dan disambut melalui formulir online .

Beberapa pameran yang menampilkan bahan-bahan yang rapuh dan berharga dari koleksi ini diselenggarakan setiap tahun di Perpustakaan Sir Louis Matheson. Pameran-pameran ini memungkinkan Perpustakaan untuk berbagi berbagai barang langka dengan para cendekiawan, siswa, dan masyarakat umum, yang mengekspos kedalaman koleksi.

Ruang Baca Koleksi Khusus

Buka hari Senin hingga Jumat jam 9 pagi – 5 sore

Ruang Baca Koleksi Khusus disediakan bagi siswa dan peneliti untuk melihat item dari Koleksi Buku Rare dan materi Koleksi Khusus lainnya yang disimpan dalam penyimpanan tertutup, dari Koleksi Asia ,  Koleksi Musik dan Multimedia. Bahan harus diminta sebelum mengunjungi kamar dan diambil dua kali sehari pada pukul 10:00 dan 14:00. Di sini mahasiswa menggali berbagai sumber literasi untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah dalam menyelesaikan tugas kuliah maupun menyelesaikan penelitian untuk menemukan ide-ide atau konsep baru dalam ilmu pengetahuan.

  • Koleksi Asia

Koleksi Asia bersama-sama membentuk fasilitas penelitian terkemuka untuk studi Asia di Australia dan didukung oleh tim pustakawan studi Asia spesialis.

Koleksinya terutama terdiri dari materi bahasa Asia dengan fokus

The Asian Collections mencakup koleksi cetak, elektronik, dan multimedia yang luas. Koleksi berbahasa Asia dilengkapi dengan sumber daya berbahasa Inggris yang berkaitan dengan Asia, termasuk kepemilikan substansial di Asia Selatan. Ada juga sumber daya penelitian yang kaya di Belanda dan Prancis untuk studi tentang Indonesia kolonial dan Indocina.

Koleksi Asia menyimpan bahan langka dan arsip, termasuk Koleksi Arsip Norodom Sihanouk, Koleksi Suetsugu, Koleksi Dewan Tibet Australia, Koleksi David Chandler Cambodia, Koleksi Balai Pustaka, Koleksi Pamflet Asia Tenggara, dan Koleksi Sejarah Indonesia. Konsultasikan inventaris ini untuk informasi tentang konten koleksi ini.

Koleksi tumbuh melalui pemilihan sumber daya oleh pustakawan studi Asia, permintaan dari akademisi dan peneliti yang terlibat dalam studi Asia di Monash dan sumbangan, sejalan dengan kebijakan pengembangan koleksi perpustakaan.

Staf Asian Collections mengelola Koleksi Pusat Pendidikan Bahasa Jepang (MCJLE) Melbourne (Koleksi Pengajaran: Jepang) dan merupakan kontributor utama bagi Perpustakaan Asia di Melbourne (ALIM), sebuah usaha kolaborasi antara perpustakaan Universitas Monash dan Universitas Melbourne.

Lokasi

Koleksi Asia terletak di Perpustakaan Matheson , Clayton, di dalam area koleksi khusus Tingkat 1. Beberapa koleksi khusus bahan langka atau rapuh ada di akses tertutup dan hanya dapat digunakan di Ruang Baca Koleksi Khusus. 

  • Koleksi Musik dan Multimedia

Koleksi Musik dan Multimedia berisi informasi dalam berbagai format: skor musik, CD, rekaman vinil, 78rpm, kaset, DVD, kaset video, CD-ROM, mikrofilm, mikrofiche, dan kit.

Sebagian besar barang koleksi dapat dilihat dan didengarkan di perpustakaan Sir Louis Matheson, menggunakan peralatan multimedia yang tersedia, atau dipinjam untuk belajar atau di bawa pulang ke rumah. Barang langka dan rapuh disimpan di Koleksi Multimedia yang tertutup dan hanya dapat dilihat atau didengarkan di Ruang Baca Koleksi Khusus. 

Kekuatan koleksi

Musik

Koleksi Musik menampilkan komposisi klasik, jazz, populer dan Australia. Dari catatan khusus adalah koleksi Ethnomusicology dan arsip musik spesialis : didalamnya terdapat suku cadang, buku risalah dan metode, edisi faksimili dan karya kumpulan komposer besar. Rekaman suara suara:  termasuk CD, vinil, 78rpm, kaset audio, dan akses ke koleksi rekaman on-line yang substansial melalui basis data.

Multimedia

Koleksi Multimedia menampilkan film, televisi, sejarah, studi Asia, studi Australia, arkeologi, pendidikan, teater dan pertunjukan, dan surat kabar Australia dan luar negeri dalam berbagai jenis media termasuk:

  • DVD dan Video 
    Termasuk film fitur, film berbahasa asing, program televisi, dokumenter, kelas master musik, konser musik dan studi teater
  • Microforms 
    Termasuk jurnal, surat kabar, tesis PhD Monash University dan sumber daya penelitian
  • CD-ROM 
    Termasuk sastra dan puisi Inggris, sejarah, dan bahasa Asia
  • Kit 
    Termasuk tutorial bahasa, IELTS, konten pendidikan dan tipe pengajaran.

Lokasi

Koleksi Musik dan Multimedia terletak di Perpustakaan Matheson, Clayton, di Level 1.

Peminjaman

Sebagian besar barang tersedia untuk dipinjamkan kepada staf dan mahasiswa Universitas Monash, dan anggota yang membayar biaya. Beberapa koleksi bahan langka ada di akses tertutup dan hanya dapat dikonsultasikan di perpustakaan. Staf dan siswa dari lembaga lain dapat meminjam sebagian besar materi yang disimpan dalam koleksi dengan meminta item yang diperlukan dari bagian Pengiriman Dokumen di perpustakaan. Barang-barang dalam permintaan tinggi dapat ditempatkan pada pinjaman terbatas. Pinjaman mungkin dalam semalam atau hanya tiga jam. Pinjaman untuk pemutaran kelas harus diatur terlebih dahulu dengan Koordinator Musik dan Multimedia.

Permintaan pemesanan dan peralatan bisa dilakukan melalui koordinator musik dan multimedia .

Perpustakaan Sir Louis Montheson juga sebagai sarana ketrampilan pembelajaran dan penelitian dalam rangka mencetak sarjana yang kritis dan kreatif. Program, sumber daya, dan aktivitas yang dirancang secara ahli untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa di Monah University. Ketrampilan berpikir kritis dibutuhkan untuk meningkatkan keberhasilan akademis. Hal ini dapat dilakukan melalui penelitian dan pembelajaran online. Melalui perpustakaan Sir Louis Matheson mahasiswa memiliki keterampilan dan strategi yang tepat untuk belajar, mengerjakan tugas, ujian, dan penelitian sangat penting untuk kesuksesan di universitas. Dalam bidang penelitian dan penulisan tugas perpustakaan Sir Louis Matheson memfasilitasi semuanya sehingga mahasiswa  dapat meningkatkan prestasi akademiknya.

Konsep HOTS yang ditemukan di sini adalah:

  1. Memahami penugasan. Apa yang dosen minta untuk dilakukan? Bagaimana bertukar pendapat dapat membantu menghasilkan ide-ide baru? Cari tahu cara memulai dengan langkah pertama, kedua dan seterusnya
    1. Menemukan dan mengevaluasi informasi. Memiliki informasi yang tepat sangat penting untuk menghasilkan penugasan yang kuat, tetapi bagaimana dapat diketahu jika informasi yang ditemukan dapat diandalkan? Di sini pemandu  perpustakaan akan mengarahkan ke arah yang benar.
    1. Berpikir kritis, bagaimana mahasiswa dapat menunjukkan pemikiran kritis dan analisis yang dicari melaui pencarian di perpustakaan? Melalui tutorial yang disajikan di perpustakaan dapat menunjukkan sumber-sumber literasi kepada mahasiswa bagaimana mengembangkan keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaiakan penelitian atau tugas-tugas yang diberikan.

Kategori Berita