Info Sekolah
Senin, 24 Jan 2022
  • Selamat Datang di Website Terintegrasi SMA Negeri 1 Singosari - Website Resmi SMA Negeri 1 Singosari

SISWA SMA NEGERI 1 SINGOSARI RAIH PRESTASI NASIONAL

Diterbitkan : - Kategori : Berita Terkini

Finalis Kopsi 2021, Masuk 175 Karya Terbaik Tingkat Nasional

Galaksi Smanesi. Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) Tahun 2021 memberikan kesan tersendiri bagi SMA Negeri 1 Singosari. Siswa SMA Negeri 1 Singosari berhasil menorehkan namanya di ajang bergengsi tahunan yang diselenggarakan kemdikbud ristek melalui pusat prestasi nasional (PUSPRESNAS).

SMA Negeri 1 Singosari patut berbangga karena dua siswa berhasil melalui berbagai tahapan hingga tembus sebagai 175 karya terbaik. sebagaimana data yang disampaikan Ketua Panitia KOPSI 2021, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, terdapat 2037 proposal yang terdaftar, selanjutnya diseleksi menjadi 1175 naskah penelitian, dan diseleksi kembali hingga menjadi 175 naskah penelitian yang masuk tingkat nasional.

Pengaruh Kepekatan Limbah Cucian Beras Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung (Ipomea reptans) Di Kebun Sekolah SMA Negeri 1 Singosari merupakan Judul yang diangkat oleh Diajeng dan Nurul – siswa SMA Negeri 1 Singosari – dalam kompetisi penelitian Siswa Tahun 2021.

“senang dan bangga bisa lolos ke tingkat nasional dalam kompetisi penelitian Siswa Indonesia” ungkap Nurul dengan Bangga.

Setelah dinyatakan masuk finalis KOPSI 2021 ada tiga tahapan yang harus mereka lalui, presentasi, wawancara dan pameran secara daring. Dalam melakukan penelitian ini, kedua siswa didampingi dan dibina oleh bapak Zainal Fanani, salah seorang guru Biologi SMA Negeri 1 Singosari, serta beberapa guru yang ikut mendampingi serta melatih siswa terutama dalam cara melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan.

Ada tiga bidang dalam lomba dalam KOPSI 2021 – tahun ini memasuki tahun ke 13 yaitu Bidang Matematika sains dan teknologi, Bidang Fisika terapan dan rekayasa, dan Bidang Ilmu sosial dan humaniora. SMA Negeri 1 Singosari masuk dalam kategori bidang Matematika sains dan Teknologi (MST).

Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia merupakan upaya menumbuhkan karakter ilmiah melalui kegiatan kompetisi penelitian peserta didik dalam rangka mewujudkan kemerdekaan berpikir peserta didik. KOPSI diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian peserta didik yang mandiri dan tangguh. Kegiatan penelitian diharapkan juga dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah (Humas.smanesi).

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar