SEKILAS INFO
: - Rabu, 30-09-2020
  • 2 bulan yang lalu / Mohon Maaf Website ini sedang dalam perbaikan untuk menjadi lebih interaktif dan menarik..
  • 2 bulan yang lalu / Smanesi : Smart Unggul Berpretasi Luar Biasa – ManJadda Wa Jada – I Can Do
SMAN 1 SINGOSARI To Manash University

Program pelatihan guru ke luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang telah dilepas oleh Mentri Pendidikan, Bapak Muhajir Efendy, 27 Februari 2019 diikuti 1200 guru dari seluruh Indonesia dari semua mata pelajaran. Mulai dari guru SD,SMP, SMA dan SMK yang dikirim ke beberapa negara untuk meningkatkan kompetensi pedagogis. Seleksi dilakukan melalui Direktorat GTK maupun P4TK. Untuk P4TK PKN IPS mengirim sebanyak 40 guru. Sebanyak 10 guru SD dikirim ke Cina dan 30 Guru SMP, SMA dan SMK ke negeri Kangguru. SMAN 1 Singosari sebagai satu perwakilan yang mewakili dari mata pelajaran PPKN SMA untuk bisa mengikuti program pelatihan tersebut. Program pelatihan guru melalui P4TK PKN IPS dilakukan mulai tanggal 27 Februari sampai dengan 23 Maret 2019.

Melalui kegiatan pengembangan keprofesian ini akan terwujud pendidik dan tenaga pendidikan yang profesional yang memiliki ilmu pengetahuan yang kuat, dan memiliki kepribadian yang kuat dan matang. Dengan demikian pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan daan teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu. Disamping itu pendidik dan tenaga kependidikan dapat membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang mengikuti perubahan abad 21 dan menghadapi era revolusi industri 4.0.

Program Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ke Luar Negeri dibagi menjadi 3 tahap utama, yaitu:

  1. Program Pre Departure, dilaksanakan di Jakarta
  2. Program Pelaksanaan Kegiatan dilakukan di negeri tujuan
  3. Program Post Departure, dilaksanakan di Jakarta dan daerah asal

Program Pre Departure merupakan kegiatan orientasi awal bagi semua peserta dan ketua kelompok. Kegiatan Pra keberangkatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 27 Februari sampai dengan 3 Maret 2019 di Hotel Ibis Senen Jakarta.

Program Pelaksanaan Kegiatan merupakan inti dari program yang akan berlangsung selama 21 hari mulai tanggal 5 sampai dengan 25 Maret 2019 dengan program kegiatan sebagai berikut:

  1. Mengikuti pembelajaran di Monash University dan Jiangshu Vocational Institue of Architectural Technology.
  2. Kunjungan lapangan dan diskusi dengan pakar dari lembaga setempat
  3. Refleksi terkait kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan
  4. Kunjungan, evaluasi dan diskusi dengan Team Leader dar P4TK PKN dan IPS sebagai bagian dari program yang akan dilanjutkan di tempat asal peserta
  5. Penyususnan Rencana Tindak Lanjut setelah kembali ke daerah asal

Program Pasca Kegiatan

Program ini merupakan kegiatan tindak lanjut setelah selesainya pelaksanaan kegiatan di negara tujuan. Program ini dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 29 Maret 2019 untuk melakukan refleksi dan presentasi hasil pelatihan, penyusunan laporan individu dan kelompok serta rencana tindak lanjut hasil pelatihan. Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap berkembangnya komunitas belajar berkelanjutan yang dapat memberikan pengaruh kuat dan positif terhadap peningkatan kinerja satuan pendidikan berbasis kecakapan abad 21 dalam rangka menghadapi revolusi era industri 4.0 serta meningkatnya mutu pendidikan daerah yang akan menjadi penyokong peningkatan mutu pendidikan nasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Kategori Berita

Informasi online
1
Selamat Datang di Layanan Informasi Online Kami.
Powered by